Rabu, 16 Februari 2011

Atasi Eksim, Kurangi Konsumsi Ikan

Berbagai macam penyakit kulit yang dialami oleh setiap bayi. Kesehatan bayi merupakan hal yang harus kita perhatikan, tidak semua kulit bayi itu sehat. Bayi sering mengalami gangguan penyakit kulit terutama eksim. Eksim pada bayi pengaruh dari lingkungan atau kesehatan bayi yang tidak terjaga. eksim pada bayi biasanya yang terjadi pada kulit bayi sensitif atau kulit bayi yang tidak bersih. Eksim pada bayi bisa timbul bila bayi diberi konsumsi ikan untuk kebutuhan gizinya. Tapi tidak semua ikan yang diberikan akan menyebabkan eksim.


Eksim adalah peradangan kulit yang bersifat kronik, gatal dan pengaruh dari keadaan genetik. Penyakit kulit pada bayi apabila tidak terjaga akan menimbulkan biang keringat, eksim popok dan eksim susu. Biasanya pada penyakit kulit biang keringat akibat
dari keringat yang berlebihan dan tertutup oleh baju seperti bintik-bintik merah biasanya terdapat di dahi dan leher, sehingga mengakibatkan gatal-gatal akibat bekas keringat yang sudah dingin . Eksim popok akibat lamanya menggantikan popok yang sudah basah menyebabkan kulit bayi jadi merah dan gatal. Eksim susu akibat dari ASI, bila ASI kita menetes diwajahnya atau tubuh bayi akan menyebabkan gatal yang sangat serius dan perih bila gatal tersebut digosok terus.

Mengkonsumsi ikan yang sering pun kemungkinan besar akan mengakibatkan eksim pada bayi. Bayi yang mengkonsumsi ikan akan alergi. Supaya eksim itu tidak berkelanjutan, kita harus mengatasinya diantaranya:
  1. Jaga kebersihan lingkungan.
  2. Rawatlah kulit bayi sebaik mungkin
  3. Hindarkan bayi ditempat yang berdebu, karena debu juga bisa menyebabkan penyakit kulit.
  4. Pilih kosmetik yang sesuai dengan kulit bayi.
  5. Keadaan kulit bayi harus dirawat setiap saat jangan lupa lipatan-lipatan pada tubuh dibersihkan.
  6. Kulit bayi harus keadaan kering.
  7. Kurangi konsumsi ikan, karena akan menyebabkan alergi kulit.
  8. Ganti popok setiap saat.
  9. Mandikan bayi secara teratur.
  10. Gunakan pakaian yang bahannya dari katun supaya bayi anda tidak terganggu kenyamanannya.
  11. Membersihkan rambut.
  12. Keadaan ruangan yang ditempati bayi dalam keadaan bersih dan segar.
  13. Ventilasi udara harus disesuaikan.
  14. Beri obat untuk mengurangi rasa gatal.
Penyakit kulit akan mengganggu kenyamanan bayi. Eksim pada bayi merupakan penyakit kulit yang sering ditemukan karena kulit bayi sangat sensitif. Konsumsi ikanpun salah satu faktor dari penyakit kulit, maka kurangi konsumsi ikan untuk bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar